17 Feb 2012

Bio Dekomposer


BIO DEKOMPOSER
Terbuat dari bahan organic yang ramah terhadap lingkungan yang telah mengandung mikrobia yang berfungsi untuk merombak bahan-bahan organic, mikrobia penambat N, mikrobia pelarut P, dan mikrobia penghasil fitohormon.

MANFAAT
-        Mempercepat proses dekomposisi/perombakan bahan organic menjadi senyawa yang lebih sederhana dan siap untuk diserap oleh tanaman, yang juga berfungsi sebagai bahan pembenah tanah.
-        Mengandung mikrobia yang bermanfaat untuk tanaman seperti mikrobia penambat N, pelarut phospat dan penghasil fitohormon.
-        Menetralisir dan menguraikan pupuk-pupuk kimia yang ada di tanah serta menefisien dan mengefektifkan penyerapan penggunaan pupuk kimia sehingga penggunaannya bisa dikurangi.
-        Mudah dalam pengaplikasiannya.

PEMAKAIAN
-        Siapkan bahan baku (Jerami, kotoran hewan, seresah, Tandan kosong kelapa sawit, sampah organic, dll) yang akan difermentasi.
-        Campur dekompuser 1 liter dan air secukupnya (larutan ini bisa digunakan untuk 4-5 Ton bahan yang akan difermentasi akan lebih cepat jika larutan ditambah Molase 0,5 liter (bisa diganti dengan gula jawa/gula pasir) + urea 0,25 Kg.
-        Semprotkan larutan secara merata pada bahan sampai bahan basah tetapi tidak menetes ketika digenggam.
-        Atur tumpukan bahan yang telah tercampur, ketinggian maksimal 1 meter.
-        Tutup bahan uang telah tercampur, usahakan bahan terhindar dari hujan maupun panas matahari secara langsung.
-        Kontrol pada hari ke-2 atau hari ke-3, bila bahan sudah terasa hangat berarti mikrobia sudah ada aktifitas bila tetap dingin aktifitas mikrobia kurang baik.
-        Minimal 5 – 10 hari sekali bahan di bolak-balik
-        Apabila dalam proses bahan menjadi dingin, control pada kadar air bahan, bila terlalu kering semprotkan air, bila terlalu basah, tiriskan atau tambahkan arang/abu untuk mempercepat pengeringan (jangan lebih 5 % dari bahan yang difermentasi)
-        1 – 1,5 bulan bahan akan menjadi matang dengan cirri-ciri, meremah, suhu dingin, warna menjadi lebih gelap dari pada bahan aslinya.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India